Tips Mencari Calon Istri Yang Baik

Updated at: 15.46.
Under Category: Tips
Advertisement
PURBASARI PANCURAN MAS
Tips Mencari Calon Istri Yang Baik ~ Kali ini raden edi ingin berbagi tips & trik cara mencari istri yang baik untuk anda nikahi. Dalam mencari calon jodoh anda harus benar-benar pintar mengetahui sifat dan kebiasaan calon istri anda tersebut, agar di kemudian hari anda tidak akan menyesal karna pilihan anda menikah dengan wanita itu adalah pilihan yang sangat tepat sekali.

Tips Mencari Calon Istri Yang Baik

Nah buat anda yang ingin tahu cara mencari calon istri yang baik, berikut ini bisa kalian baca beberapa Tips Mencari Calon Istri Yang Baik di bawah ini.

- Saling Jujur & Tidak Bohong
Cinta Dan Setia Mana ada orang yang suka dibohongi. Pilihlah wanita yang dapat dipegang kata-katanya dan hanya akan berbohong untuk kepentingan keluarga yang positif. Jika suka bohong anda akan dibuat pusing sama istri anda kelak. Wanita yang setia pada anda akan selalu mencintai anda dan akan selalu berada di samping anda ke mana pun anda pergi dan dalam kondisi apa pun. Cinta juga menjadi yang sangat penting, karena cinta adalah modal dasar dari hubungan suami istri yang baik.

- Berpenampilan Yang Sopan
Sebaiknya anda mencari perempuan yang dari fisik anda sukai namun bukan hasil permak atau dandan tebal. Menarik tidak harus selalu cantik, cakep, ayu, menor, seksi, imut, manis dan sebagainya, tetapi yang tidak membuat anda benci jika melihatnya. Sebisa mungkin anda cari yang jika anda prediksi puluhan tahun mendatang dapat tetap membuat anda tersenyum bahagia ketika memandang wajahnya. Jangan lupa dengan penampilan anda sendiri ketika sudah menikah. Jangan buat istri anda ilfil dan jadi benci sama anda.

- Yang Taat Beribadah
Ini adalah hal yang penting bagi masa depan keluarga anda. Anak-anak anda nanti akan dibimbing lebih banyak oleh sang ibu. Jika ibunya ugal-ugalan nggak benar kelakuannya, maka bisa ditiru oleh anak anda. Cari wanita yang solehah dan dapat mendidik anak-anak anda menjadi manusia yang berakhlak soleh dan mempengaruhi anda untuk beribadah lebih baik lagi.

- Pandai & Pintar
Jangan mencari jodoh gadis kampung atau wanita kota yang memiliki intelegensia di bawah rata-rata. Penampilan hanya luar saja yang cuma enak dalam urusan ranjang serta bisa selalu kita atur dan mungkin bisa kita bohongi, selingkuh di belakangnya, menikah lagi dan lain-lain. Akan tetapi wanita yang bodoh tidak akan mampu membantu mencari solusi pada saat-saat diperlukan dan mungkin akan terkekang selama hidup dengan kita karena harus selalu menurut pada sang suami. Istri yang pintar bisa membantu mengatur rumah tangga dan mungkin bisa juga membantu finansial atau keuangan keluarga dengan melakukan usaha sampingan atau bekerja.

- Tidak Matrealistis
Cewek matre ke laut aje emang bener itu lagu.. Jangan cuma cari cewek dari cantiknya saja, tapi dari hatinya. Sebanyak apa pun uang yang kita dapat dari bekerja tidak akan cukup untuk menghidupi seorang istri yang matre tidak tahu diuntung. Bisa jadi ketika anda sudah tidak punya uang dan pekerjaan layak anda akan ditinggalkan sendiri begitu saja bersama anak-anak anda.

- Yang Dapat Menghibur Anda
Istri yang murah senyum, lemah lembut, tidak suka marah dan tidak mudah stres menghadapi problema hidup adalah istri yang baik. Sebelum menikah anda wajib melakukan pengamatan emosional, sikap dan perilaku. Jika dia gampang sekali marah meledak-ledak dan tidak bisa diubah sebaiknya tinggalkan saja. Hidup dimarahi istri terus-menerus akan membuat anda menderita. Istri yang baik adalah istri yang bisa menghibur di kala suka dan duka dalam berbagai kondisi baik terhadap suami maupun terhadap anak. Pilih juga yang mencintai keluarganya dan keluarga kita masing-masing.

- Sehat Jasmani & Rohani
Pilihlah yang dari segi fisik dan mental atau jasmani dan rohani yang sehat wal'afiat. Pilih yang sehat, cerah, gesit, kuat, dan tidak mudah sakit. Dari segi kesuburan pun juga penting jika anda ingin mempunyai keturunan. Jika belum yakin maka sebaiknya anda melakukan pemeriksaan kesehatan berdua saat sebelum nikah. Perhatikan pula keluarganya apakah ada yang punya riwayat penyakit yang dapat menurun dan bisa berakibat fatal. Terkadang suatu penyakit dapat diturunkan ke anak atau cucu.

- Yang Dapat Diatur
Di saat istri anda melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan yang kita inginkan, berbicaralah dengan baik tanpa emosi bahwa sebaiknya si istri melakukan apa yang kita inginkan beserta alasannya. Begitu juga sebaliknya, di mana kita dapat dikritik oleh istri pada sikap dan perilaku kita secara kekeluargaan dan baik-baik. Untuk melakukan hal ini diperlukan adanya kesamaan tingkatan atau derajat di mana suami dan isti sama-sama dalam satu tim kepemimpinan yang solid. Bukan hanya suami saja yang jadi pemimpin dan istri cuma menurut saja. Umumnya untuk dapat tipe wanita semacam ini adalah yang umurnya sepantar dengan anda.

- Persetujuan Orang Tua & Keluarga
Hubungan suami istri harus didukung oleh orang-orang yang ada di sekitar kita mulai dari orang tua, mertua, teman, kerabat, saudara, tetangga, teman kantor, dan lainnya. Pernikahan yang emsional tanpa dukungan orang dekat dapat berdampak buruk bagi hubungan di masa mendatang. Yang jelas jika belum mendapat persetujuan, anda harus dapat berbicara dengan baik untuk membela argumentasi anda. Dalam Al-Qur’an kedua insan, wanita atau laki-laki diibaratkan 'pakaian' antara pakaian satu dengan pakaian lainnya adalah saling membutuhkan dan saling menutupi.

Memilih calon istri bukanlah persoalan yang mudah,
Seseorang dengan bekal pendidikan yang cukup tinggi dan keterampilan yang modern, tidak menjamin dia mendapatkan istri ideal yang sesuai dengan idamannya,
Banyak terjadi kasus 'salah pilih' seseorang dengan cermat merinci ciri-ciri yang akan menjadi pasangan hidupnya hingga menghabiskan tenaga dan waktu bertahun-tahun untuk mendapatkan calon istri yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan, tetapi setelah perkawinannya telah dilangsungkan, banyak ditemui ketidaksesuaian, sering terjadi kesalah pahaman, tidak ada saling pengertian, hingga pertikaian tidak bisa di hindarkan, akhirnya rumah tangganya menjadi berantakan.

Bukan rumah tangga yang bahagia, sumber ketenangan, malah sebaliknya, rumah tangganya ibarat neraka yang menambah kesusahan dan mencekam hati anda.

Tetapi ada kasus lain, seseorang yang sekali pandang tanpa disadari 'rasa cinta' bersemi dan mekar, kemudian dia melamar dan perkawinan pun dilangsungkan. Karena begitu besar cintanya, tidak sempat melihat secara cermat calon istri yang ditemukan hanya secera kebetulan itu. Setelah menjalani mahligai rumah tangga, justu hasilnya jauh dari dugaan. Dia mendapatkan istri yang benar-benar ideal. Bukan saja patuh dan berbakti kepada suaminya, tetapi juga aktif dalam menjalankan ibadah, rajin mengatur rumah, pandai memasak, bisa menghibur suami yang lelah pulang bekerja.

Rumah tangga yang demikian ibarat surga yang dihuni oleh orang-orang yang baik dan penuh kenikmatan.
Mengapa kasus-kasus diatas harus terjadi??? Hal ini menunjukan bahwa memilih istri bukan kerja akal pikiran yang dibarengi dengan kriteria-kriteria yang ditentukan saja.

Tetapi juga hasil kerja intuisi dan hidayah dari Tuhan. Dalam Al Qur’an telah disebutkan dan mungkin anda membenci sesuatu yang ternyata sesuatu itu baik bagimu, dan mungkin engkau mencintai sesuatu dan ternyata itu buruk bagimu (al-Baqoroh 216).

Memilih istri semakin penting artinya karena istri itu menurut orang jawa ibarat Garwo (sigaraning nyowo) atau yang lebih populer dikalangan remaja saat ini adalah 'Soulmate'. Yang akan diajak menelusuri kehidupan dengan segala suka dan dukanya, bukan sehari dua hari saja, tetapi selama hidupnya.

Islam adalah agama universal yang ajaran-ajarannya mencakup segala aspek kehidupan umatnya, tidak hanya mengatur hubungan Tuhan dengan manusia. Faktor yang sangat menarik dari wanita adalah 'kecantikannya', tetapi dalam islam faktor ini bukan kriteria awal. Kecantikan seseorang itu tidak kekal dan akan hilang dimakan oleh waktu.

Disamping kecantikan yang menarik dari seorang wanita masih ada yang menarik lagi yaitu harta dan kekayaannya. Wanita yang kaya seakan-akan menjanjikan kehidupan yang bahagia bagi suaminya, tetapi malah kebanyakan suami yang diinjak-injak oleh istri hartawan tersebut.

Jadi jelas, memilih wanita dalam tuntunan Islam bukan semata-mata berdasarkan kecantikan, kekayaan, dan ketururan karena kesemuanya itu bisa menjadikan bencana yang besar dalam kehidupan rumah tangga anda.

Boleh saja kita memilih wanita yang cantik dan kaya, tetapi yang paling penting dia memiliki sifat yang terpuji, tentunya dengan dasar Agama yang baik.

Itu dia sobat Tips Mencari Calon Istri Yang Baik semoga bermanfaat ya buat anda semua, dan jangan lupa anda baca juga Tips Merawat Anak Umur 1 Tahun yang sudah saya tulis sebelumnya.
Advertisement
OWABONG

Tips Mencari Calon Istri Yang Baik
"Tips Mencari Calon Istri Yang Baik" Was posted by , , at 15.46 under category Tips and permalink http://raden-edi.blogspot.com/2014/08/tips-mencari-calon-istri-yang-baik.html. ID: 5.2020.

Comments Facebook: